Sundance Film Festival: Asia 2022 Offline di Jakarta, Indonesia

Bagi para pegiat, penikmat, filmmakers, dan insan perfilman Indonesia ada berita menarik nih. 


SFF Asia 2022



Sundance Film Festival: Asia mulai digelar di Indonesia sejak 2021. Berawal dari kerja sama di tahun 2021 antara Sundance Institute dan XRM Media yang didukung oleh IDN Media, maka Sundance Film Festival: Asia hadir di Indonesia.  Tahun 2022 ini, Sundance Film Festival: Asia akan digelar di Jakarta.

Ada beberapa hal yang ingin saya infokan mengenai Sundance Film festival: Asia 2022. Mengenai tanggal-tanggal penting dan gambaran kegiatannya. 

1. Sundance Film Festival: Asia 2022 akan diadakan secara offline

Kegiatan Sundance Film Festival: Asia 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 25-28 Agustus 2022 secara offline ini memiliki daya tarik tersendiri. Rangkaian acara dari Sundance Film Festival: Asia 2022 akan semakin meriah dengan melibatkan penonton. 

Selain penonton dapat hadir secara langsung untuk menikmati pemutaran film, dapat juga menyaksikan diskusi panel, dan rangkaian acara lainnya yang dirancang khusus untuk penonton Indonesia. 

Berikut ungkapan Tabitha Jackson, Festival Director Sundance Film Festival mengenai Sundance Film Festival: Asia 2022 akan diadakan secara offline.

“Kami sangat senang untuk kembali bekerja sama dengan XRM Media dalam menghadirkan festival ini secara offline di Jakarta. Ini merupakan kesempatan berharga untuk membagikan film-film independen favorit kita semua pada penonton di Indonesia.”

William Utomo, Chief Operating Officer IDN Media pun ikut menambahkan.

“Kami sangat antusias untuk menghadirkan Sundance Film Festival: Asia secara offline dan tentunya tetap memberikan yang terbaik untuk para pecinta film di Indonesia. Semoga festival ini bisa terus menjadi platform yang mendukung kemajuan industri film.”

Informasi mengenai seluruh rangkaian acara akan diumumkan pada pertengahan tahun ini. Jadi, Bila kamu ingin terus menerima informasi terbaru seputar Sundance Film Festival: Asia 2022 harus ikuti media sosialnya.

Instagram @SundanceFFAsia
TikTok @SundanceFFAsia

 

2. Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia 2022

Film Festival akan semakin lengkap bila tidak hanya melibatkan penikmat dan pecinta film, tetapi juga para filmmakers. 

SFF Asia 2022


Berikut pernyataan dari Mike Plante, Senior Short Film Programmer Sundance Film Festival:

“Tak berhenti di Sundance Film Festival yang diadakan Januari lalu, kami terus mencari karya film pendek dari filmmaker berbakat di seluruh dunia.”

“Tahun lalu, kompetisi film yang kami adakan berjalan sangat sukses. Kami sangat mengagumi karya-karya yang didaftarkan, 10 karya terbaik di kami tampilkan Sundance Asia dan 2 karya terpilih ditayangkan di Sundance Film Festival pada Januari lalu. Kami antusias untuk melihat lebih banyak karya di kompetisi tahun ini.”

Oleh karena itu, di Sundance Film Festival: Asia 2022 ini, Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia yang disponsori oleh Argo pun akan kembali diadakan. Hal tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap para filmmakers Indonesia.

Syarat pendaftaran untuk Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia 2022 yaitu:

  • Karya sudah selesai diproduksi pada atau sesudah 1 januari 2020
  • Durasi Film selama 3-20 menit
  • Untuk Warga Negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas yang tinggal di dalam maupun luar negeri.

Tanggal penting:

Perlu diingat pendaftaran dibuka mulai 18 April hingga 31 Mei 2022. Catat baik-baik, jangan sampai terlewat.

Pemenang:

Pemenang Penghargaan Jury Award akan menerima hadiah 2.000 dolar AS yang disponsori oleh Argo.


3. Dewan juri untuk Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia 2022

Nama-nama yang akan menjadi dewan juri yang akan mengkurasi film pendek yaitu:

  • Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival 
  • Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival 
  • Mike Plante, Senior Programmer, Short Film, Sundance Film Festival 
  • Susanti Dewi, Head of IDN Pictures
  • Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo

Dewan juri tersebut  merupakan perwakilan dari Sundance Institute, IDN Pictures, dan Argo. Kemudian, Film pendek yang terpilih akan ditayangkan di platform Argo saat Sundance Film Festival: Asia 2022 bulan Agustus nanti. Distribusi film dilakukan secara global melalui platform Argo setelah festival berlangsung. Mereka juga memiliki kesempatan mengikuti seleksi untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2023.

Bagi kamu yang memiliki karya film pendek segera daftar saja. Mungkin ini kesempatan baik kamu di Sundance Film Festival: Asia 2022. Informasi lengkap bisa kunjungi website berikut:

https://SundanceFilmFestivalAsia.org 

atau 

https://filmfreeway.com/SundanceAsia


4. Informasi Seputar Sundance Institute, XRM Media, IDN Media, dan Argo

    Sedikit kilasan informasi mengenai Sundance Institute, XRM Media, IDN Media, dan Argo bisa dilihat di bawah ini:

    Sundance Institute

    1. Sebagai penggiat dan kurator karya independen untuk panggung penampilan dan layar pertunjukkan, lembaga nirlaba Sundance Institute menyediakan ruang bagi seniman film, teater, produksi film, dan media digital untuk berkarya dan berkembang.
    2. Didirikan tahun 1981 oleh Robert Redford, Sundance Institute menjalankan program Lab, hibah, dan mentorship di AS dan berbagai negara lain untuk pengembangan karya baru.
    3. Sundance Co//ab, sebuah platform komunitas digital milik Sundance Institute, menyatukan seniman dan Sundance Advisor untuk saling bertukar ilmu, membantu mereka untuk saling terhubung dan mengembangkan karya bersama. 
    4. Sundance Film Festival dan program untuk publik lainnya menghubungkan penonton dan seniman untuk melahirkan ide-ide baru, menyampaikan suara masing-masing, dan membangun komunitas yang mendukung independent storytelling. 
    5. Sundance Institute telah mendukung beragam proyek, seperti CODA, Clemency, Never Rarely Sometimes Always, Zola, Time,  Time, MInari, Boys State, The Farewell, Honeyland, One Child Nation, The Souvenir, The Infiltrators, Sorry to Bother You, Won't You Be My Neighbor?, Hereditary, Call Me By Your Name, Get Out, The Big Sick, Mudbound, Fruitvale Station, City So Real, Top of the Lake, Between the World & Me, Wild Goose Dreams dan Fun Home. Ikuti Sundance Institute di Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube.

    XRM Media

    1. XRM Media adalah perusahaan teknologi hiburan dan media yang mengenalkan keberagaman dengan mendukung, memproduksi dan mendanai konten multikultural di berbagai platform bersama para mitra global. 
    2. Dengan pendekatan berbeda, beragam portofolio investasi, serta  keberanian mengambil risiko, XRM Media mendobrak ekspektasi pada media tradisional maupun baru untuk bisa menghubungkan audiens global dengan ide-ide hebat di luar sana.

    IDN Media

    1. IDN Media adalah perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia, dengan lebih dari 80 juta Monthly Active Users (MAU). 
    2. Visi kami adalah mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat.

    Argo

    1. Argo adalah platform streaming dengan misi mengubah cara masyarakat menonton, membagikan, dan mengeksplorasi konten film. 
    2. Argo juga membangun komunitas yang menghubungkan filmmakers dengan para audiens serta menampilkan berbagai genre film pendek yang dikurasi oleh para festival film, filmmakers, dan influencers dari seluruh dunia. 
    3. Argo menjamin hak komersial para pembuat film. Menggunakan sistem bagi hasil, Argo ingin memastikan filmmakers memiliki kesempatan untuk menunjukkan hasil karya mereka, menghibur audiens, serta menginspirasi lahirnya film-film independen baru. 
    4. Temukan film pendek favorit anda di www.watchargo.com atau aplikasi Argo yang tersedia di iTunes App Store dan Google Playstore Google Playstore. Ikuti Argo untuk info mengenai film terbaru kami di Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube

    10 komentar:

    1. Akhirnya setelah kasus pandemi COVID-19 menurun Sundance Film Festival diselenggarakan secara offline lagi..

      BalasHapus
    2. Auto ingat Agung Hafsah. Dia bakal ikutan event ini nggak ya. Semoga. Biar bisa lihat karya kerennya.

      BalasHapus
    3. Event yang ga boleh dilewatkan oleh sineas muda nih. Yuk, tunjukkan karyanya di festival ini.

      BalasHapus
    4. Waw, menarik sekali. Jadi teringat beberapa film pendek yang booking sejak pandemi hehehe

      BalasHapus
    5. para pembuat film lokal harus ikutan nih lomba film pendek dari sundance film festival asia 2022 ini karena ini acaranya kan bergengsi banget yaa

      BalasHapus
    6. Event offline mulai banyak diadakan. Seneng banget pasti yg di Jakarta bisa nonton film-film Sundance lagi secara langsung

      BalasHapus
    7. Keren ya. Semoga semakin banyak karya-karya baru sineas muda yang inspiratif.

      BalasHapus
    8. Keren banget Sundance Film Festival ini, senangnya lagi sudah bisa dilakukan secara offline nih

      BalasHapus
    9. pemenang tahun kemari kece-kece.. penasaran ama pemenang tahun ini..

      BalasHapus

    Diberdayakan oleh Blogger.