Iga Bakar Seuhah di Sop Buntut Pak Agus, Pujasera Merdeka


 

Iga Bakar Seuhah

Windrayu.com, Bandung-  Apa kamu suka main ke Istana Bandung Electronic Centre (BEC)? Sekadar nonton bioskop atau nyari smartphone dan laptop. Pulangnya harus banget nih mampir ke Pujasera Merdeka. Kamu yang belum pernah nyobain kuliner di Pujasera Merdeka, khususnya di stand Sop Buntut Pak Agus, cobain deh sekarang.

Kalau kamu suka main ke Bandung Indah Plaza (BIP) juga bisa loh makan siang ke Pujasera Merdeka. Meskipun, butuh effort lebih sih kalau dari BIP karena harus  melewati jembatan penyeberangan yang lumayan tinggi.

Suatu siang, aku sama teman aku pergi ke BIP, niatnya mau nyari salon rambut. Entah sudah berapa bulan tidak mengunjungi BIP sejak pandemi, ternyata salon langganan si teman aku itu sudah nggak ada. Sudah terganti dengan toko lain. Berhubung duhur sudah terlewat dan sudah jam makan siang. Kami akhirnya memutuskan ke Pujasera Merdeka melewati tangga jembatan penyeberangan.

Tangga jembatan penyeberangan
Biasanya sebelum pandemi di tangga jembatan penyeberangan ini banyak banget pengemis yang berjajar duduk, kadang ada juga yang tiduran. Namun, saat melewatinya lagi ternyata sangat bersih dan lenggang. Tidak ada pengemis sama sekali. Kami pun sempat mengabadikan foto jalan Merdeka saat itu. Ada dua area jalan, di bagian sisi BIP penuh dengan mobil dan angkutan umum. Sedangkan jalan di sisi Gramedia, yang sisinya sejajar dengan Pujasera Merdeka lumayan lenggang. Hanya ada satu dua mobil.

Pemandangan dari atas tangga penyeberangan di jalan Merdeka, Bandung
Setelah melewati jembatan penyeberangan, kamu akan menemukan KFC. Tinggal jalan lurus saja di samping KFC. Setapaknya enak buat jalan. Kalaupun lagi hujan juga nggak bakal kehujanan  karena ada atapnya. Sampai terlihat indomaret masih jalan lurus terus

 

Jalan tembus ke Pujasera Merdeka

Kalau sudah sampai tempat parkir Pujasera Merdeka, tinggal masuk aja lewat samping. Terus naik tangga. Sop Buntut Pak Agus stand-nya ada di lantai 2. Alamat lengkapnya di Merdeka Food Stall, Lantai 2, Jl. Purnawarman No. 10, Merdeka, Bandung.

Tempat Parkir Pujasera Merdeka

Jam bukanya setiap hari, mulai dari pukul 10 pagi sampai pukul tujuh malam. Bisa kan buat makan siang, makan sore, dan atau makan malam.

Tangga masuk Pujasera Merdeka

Bisa dilihat di sini banyak stand-stand makanan. Kamu bebas memilih stand makanan yang kamu mau. Mirip seperti di food court yang ada di mall. Namun, di sini kasirnya cuma ada satu, letaknya di dekat tangga masuk. Kamu bisa bayar setelah selesai makan. Meskipun kamu makan dari semua stand yang ada di sana, tetap saja bayarnya sekali ke kasir. Tidak perlu bayar ke stand masing-masing. Tinggal memberikan nota pembelian saja ke kasir.

Area Food Stall, Lantai 2, Pujasera Merdeka

Kamu juga bebas memilih tempat duduk untuk makan. Areanya luas, tetapi setiap ke sini meja selalu hampir penuh. Mungkin karena letaknya strategis di antara BIP, BEC, dan Gramedia Merdeka. Sudah jelas tiga tempat itu memiliki karyawan dan juga pengunjung yang banyak. Hanya sekian persennya mampir ke sini saja, pasti sudah penuh meja di Pujasera Merdeka ini. Apalagi di jam makan siang.

Aku sama teman aku setiap ke sini selalu memilih stand Sop Buntut Pak Agus. Menu yang dibeli juga biasanya sama setiap waktu yaitu Iga Bakar Seuhah. Meskipun, di sana stand makanannnya macam-macam dan bervariasi. Namun, memang lidah ini kalau sudah cocok di satu menu susah pindah hatinya.

Siang itu teman aku menambahkan satu menu sop Iga. Katanya sop iga itu sebagai penetral karena Iga bakar seuhah itu pedesnya nampol banget. Bagi orang yang nggak suka pedas, jangan dicoba deh, tapi kalau suka banget pedes wajib dicoba. Es teh manis juga sepertinya juga minuman wajib buat dampingi makan iga bakar seuhah. Daripada lidah kebakar nggak ada obat, siapin dulu es teh manisnya sebelum makan iga bakar seuhah.

Iga Bakar Seuhah, Sop iga, dan Nasi

Kamu bisa juga mencoba menu lain di Sop Buntut Pak Agus, Pujasera Merdeka. Harganya super duper murah. Masih kisaran belasan ribu. Paling mahal menu Iga bakar seuhah 20 ribu rupiah. Menu favorit yang selalu aku beli setiap datang ke sini.  

Menu lengkapnya kamu bisa lihat di sini:

Menu di Sop Buntut Pak Agus

Pujasera Merdeka termasuk area makan yang terbuka dengan AC alami alias jendela. Aku dan teman aku memilih duduk di dekat jendela. Membakar diri dengan matahari siang yang menuju sore. Bagian tengah sudah penuh soalnya dengan para pengunjung lain. Pemandangan di luar jendela terlihat bagian depan gedung BEC.

Mungkin perlu kamu tahu juga, karena di sini area makan yang terbuka. Pengunjung Pujasera Merdeka yang suka merokok bisa dikatakan cukup banyak. Jadi, jangan kaget bila datang ke sini di meja sampingmu ada yang merokok. Di Pujasera Merdeka merokok tidak dilarang. Pintar-pintar saja memilih kursi saat makan di sana bila kamu termasuk alergi dengan asap rokok. Bisa juga kamu beli dan bungkus terus dibawa pulang bila sangat menghindari polusi udara.

Pemandangan dari jendela lantai 2

Bila ingin tahu menu stand lain di Pujasera Merdeka bisa cek di instagramnya @merdekafoodstall.

Sehabis makan siang di Pujasera Merdeka, bisa mampir ke gedung sampingnya yaitu toko buku Gramedia Merdeka, Bandung. Siang itu aku sebentar mampir ke sana juga. Lihat-lihat buku yang sedang promo dan diskon. Lihat-lihat saja dulu, belinya mah nanti entah kapan. Cuma sekadar numpang lewat sambil jalan pulang. Jalan-jalan sebentar untuk membakar kalori sebelum memesan taksi online buat pulang.

Buat kamu, perhatikan juga saat mau pulang menggunakan taksi atau ojek online. Pilih titiknya yang benar, karena ada dua sisi jalan. Titik di jalan Merdeka atau di jalan Purnawarman supaya memudahkan driver menjemputmu.

Sampai sini dulu ya, cerita perjalanan kulinerku di Bandung. Sampai ketemu lagi di jalan-jalan dan makan-makan di tempat selanjutnya. [W.Y]

13 komentar:

  1. harganya standar aja ya, malah lebih murah ding utk ukuran sop daging. klo di tempatku seporsi bisa hampir 30an, itu pun isinya sedikit

    BalasHapus
  2. Murah banget sop buntut cuma 15rb. Sayangnya ke Bandungnya yang mahal hahaha

    BalasHapus
  3. Wah murah harganya, coba di Bekasi buka cabang ya ka hehehe masuk wishlist kalau pas ke Bandung nih ka

    BalasHapus
  4. Pagi2 liat makanan.. Jadi laper..
    Btw harganya murah banget.. Pas nih kl mau k bandung..

    BalasHapus
  5. Belum pernah ke bandung nih, semoga bisa suatu saat nanti, ngeliat iga bakarnya puedes banget ya, jadi ngiler nih

    BalasHapus
  6. Belum pernah ke bandung nih, semoga bisa suatu saat nanti, ngeliat iga bakarnya puedes banget ya, jadi ngiler nih.

    BalasHapus
  7. Area makannya juga enak. Ditambah dg menu makanannya yang juara. Ga heran cocok buat nongkrong santai dan mengisi perut yang kosong. Cakeplah.

    BalasHapus
  8. mbak sop buntutnya harganya murah banget yaa. di sini mau makan sop buntut harganya 30 ribuan belum pakai nasi. suamiku doyan banget soalnya sop buntut. he

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sop buntut murah... yang naik harga sop iganya itu pun naiknya nggak banyak, 20 ribu udah dapat nasi juga.

      Hapus
  9. Saya lihat menunya, harganya terbilang murah. Saya baru pernah ke Bandung 1 kali dan belum pernah mampir ke tempat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain kak mampir kalau ke bandung lagi. Sambil mampir ke Gramedia merdeka juga..

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.