3 Cara Simpel Meluaskan Manfaat Bersama LMI




Windrayu.com, Cilacap - Biasanya cara termudah untuk menebar kebaikan adalah dengan keluarga terdekat terlebih dahulu. Pastikan keluarga sendiri tidak ada yang mengalami kesulitan. Kemudian, kita juga bisa ulurkan tangan ke saudara dan tetangga terdekat untuk menawarkan bantuan.  Meskipun hanya sekadar berbagi makanan untuk berbuka puasa. Siapa yang tahu satu potong ayam goreng atau satu gelas es campur yang kita bagi bisa menambah pahala puasa di bulan suci ini?

Apa berbagi dengan keluarga dan tetangga sudah sering Anda lakukan? Kalau berdasarkan pengalaman dari lingkungan keluarga saya yang masih sangat kental rasa kekeluargaannya. Di bulan Ramadhan seperti sekarang, berbagi takjil atau makanan untuk buka itu lumrah. Seperti kebiasaan yang sudah membudaya. Bukan karena label mampu atau tidak mampu, tapi lebih ke berbagi untuk saling memberi. Sehingga meja makan akan penuh bukan hanya dari makanan buatan sendiri, tapi juga pemberian dari tetangga. Inilah nikmatnya tinggal di daerah pedesaan. 

Lalu, bagaimana yang tinggal di perkotaan? Nah, di sinilah masalahnya. Tidak semua lingkungan memiliki nilai kekeluargaan yang masih kental. Ada yang lingkungannya sangat individualis. Kenal tetangga sebelah saja bisa dikatakan langka atau jarang. Lalu, gimana caranya menyebarkan manfaaat kalau ke tetangga saja tidak saling kenal? Padahal berbagi tidak sesempit hanya di keluarga atau lingkungan rumah saja, kan? 

Berbagi akan memberikan manfaat yang lebih banyak bila jangkauannya lebih luas. Lihat lebih dalam lapisan-lapisan sosial di masyarakat. Tidak hanya ada orang kaya dan berkecukupan yang tinggal di negeri ini, tetapi masih banyak juga orang-orang yang masih membutuhkan pertolongan karena kesulitan ekonomi ataupun akibat dari bencana alam. 

Apakah akan mengeluarkan energi lebih banyak untuk menjangkau orang-orang tersebut? Jawabannya tidak sama sekali. Sekarang, tidak sulit untuk menyalurkan bantuan ke orang-orang yang betul-betul membutuhkan. Tanpa perlu terjun langsung ke lapangan, kita bisa berbagi lebih mudah.

Bagaimana caranya berbagi?

LMI yang akan memfasilitasi semua itu. LMI atau Lembaga Manajemen Infaq ini merupakan lembaga amil zakat nasional yang dapat menghimpun dana ZISWAF (zakat, infaq, shodaqoh, dan wakaf). Selain itu, dapat juga menghimpun dana corporate social responsibility (CSR) perusahaan. Jadi, bagi kita yang termasuk lapisan masyarakat yang berkecukupan dan atau perusahaan-perusahaan yang memiliki dana CSR besar tidak perlu bingung lagi untuk menyalurkan dananya.

LMI dipercaya karena profesional dan transparansi penggunaan dananya. LMI sudah berdiri sejak 12 September 1995 yang manfaatnya masih dirasakan hingga saat ini. Yuk, ikut meluaskan manfaat bersama LMI untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dan kurang mampu. 

3 cara simpel meluaskan manfaat bersama LMI, antara lain: 

1.  Sedekah harian di infaq.in

Infaq.in merupakan platform penyaluran infak melalui LMI. Kita hanya diminta mengisi sebuah form.

Isian form tersebut, yaitu:

Nama Lengkap:
Nomor Telepon:
Email:
Nominal Donasi:


Kita juga bisa melihat daftar orang-orang yang melakukan infaq dan total infaq yang diberikan.

2. Wakaq melalui wakafo.org

Wakafo.org juga merupakan platform dari LMI. Platform ini khusus untuk jenis wakaq uang. Anda juga harus mengisi form seperti di infaq.in. Metode pembayarannya juga sangat bervariasi, antara lain:

a. Online Payment
Online payment bisa melalui:

- GoPay

- ShopeePay

- Permata VA

- BCA V

- BNI VA

b. QR Code 

QR code yang disediakan dari:

- OVO

- Gopay

- Dana

3. Berkurban melalui qurbanholic

Pada qurbanholic Anda disarankan untuk menabung qurban di LMI mulai dari 200 ribuan. Di mana nanti distribusi hewan qurban dilaksanakan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) LMI.

Itulah tiga kegiatan yang paling mudah dan simpel yang bisa kita lakukan untuk berbagi dan meluaskan manfaat bersama LMI. Dengan dana yang terkumpul, LMI banyak melakukan program-program sosial dan pemberdayaan masyarakat seperti penyaluran bekal puasa untuk duafa di Denpasar, fidyah untuk warga sungai Bakung Banjar, sedekah Al Quran di Kraton Bangkalan, dan program-program lainnya.

Jadi, ketika kita ikut berdonasi atau bersedekah melalui LMI secara tidak langsung kita ikut berkontribusi untuk meluaskan manfaat bersama LMI. Menebar kebaikan dan manfaat di bulan Ramadhan menjadi semudah itu dengan adanya LMI, jembatan untuk menebar kebaikan ke banyak orang.


Info detail terkait LMI bisa kunjungi laman berikut:
Website: lmizakat.id
Instagram: Instagram.com/lmizakat
Facebook: facebook.com/lmizakat.org

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog “Meluaskan Manfaat” yang diselenggarakan oleh Lembaga Manajemen Infaq dan Forum Lingkar Pena.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.