Inovasi Bisnis IDN Media di Tahun 2023

Informasi akan terjadinya jurang resesi di tahun 2023 sudah terdengar dari tahun sebelumnya. Banyak para ahli yang sudah memprediksi di tahun 2023 ini akan menjadi tahun yang cukup sulit. Berbagai data dan riset yang dikemukakan oleh para ahli ini membuktikan kondisi ekonomi makro memang belum stabil.

Pemicu resesi ini diawali dari tahun 2020 dengan adanya pandemi Covid-19.  Walaupun kini sudah mereda, tapi dampaknya masih tetap terasa. Pembatasan aktivitas ekonomi menyebabkan pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus waspada dan membuat strategi dan inovasi-inovasi baru supaya dapat bertahan dan tidak terdampak parah oleh resesi.

Prediksi kondisi ekonomi yang akan sulit di tahun 2023 ini malahan memotivasi IDN Media untuk terus berkreasi dan berinovasi. IDN Media pada tahun 2023 ini akan mengembangkan inovasi atau terobosan dalam bisnis yang fokus pada 4 kategori, yaitu content platform, digital media, commercial, dan entertainment.

 

IDN Media_2023

Inovasi- Inovasi IDN Media di Tahun 2023

1. Platform Media yang Tech-Driven

         IDN Media sudah memiliki lebih dari 80 juta Monthly Active Users (MAU), di mana penggunanya adalah para Millenial dan Gen Z di indonesia. Perusahaan media platform ini didirikan pada 8 juni 2014. IDN Media memiliki visi mendemokrasi akses informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat yang berkembang menjadi beberapa unit bisnis.

          Unit bisnis dari IDN Media terbagi menjadi 4 kategori, yaitu:

a. Content Platform seperti  IDN

b. Digital Media seperti IDN Times, Popbela.com, Popnama.com, GGWP.ID, Duniaku.com, Yummy, dan FORTUNE Indonesia

c. Commercial seperti IDN Creative, IDN Event, IDN Programmatic OOH

d. Entertainment seperti IDN Pictures dan JKT48

 

2. Fundamental Bisnis Kuat

            Berkaca dari pengalaman dan perjalanan bisnis IDN Media di tahun 2022 permasalahan dari faktor eskternal perusahaan pasti ada. Maka dari itu, dibutuhkan fundamental bisnis yang kuat dengan menghadirkan berbagai inovasi bisnis di setiap unit bisnisnya.

          IDN Media terus berkomitmen membangun bisnis yang memiliki nilai lebih bagi stakeholders. Salain itu, IDN Media juga terus menyajikan berbagai konten positif untuk masyarakat Indonesia. Baik itu konten hiburan maupun berita yang relevan dengan target audiens-nya yaitu para Millennial dan Gen Z.

 

3. Meluncurkan UGC Fiture, Redemption, dan Referral

           Live streaming juga terus dikembangkan. Tentu saja ini berdasarkan riset Indonesia Gen-Z di tahun 2022 bahwa live streaming menempati urutan kedua setelah konten video (75%). Pada platform IDN dapat ditemukan IDN Live yang menyediakan konten live streaming. Inovasi baru di tahun 2023 ini adalah dengan adanya peluncuran fiture baru seperti UGC Fiture, redemption, dan referrel di IDN Live.

       Adanya UGC fiture ini dapat memberikan kesempatan kepada audiens untuk berkarya menjadi streamers di IDN Live. Menjadi streamers juga bisa dijadikan ladang penghasilan, sehingga IDN Live terus berinovasi untuk memudahkan para content creator untuk melakukan live streaming diawali dengan meluncurkan ketiga fiture baru ini di awal tahun 2023.

 

4. Mengembangkan Ekonomi Kreator melalui Marketing & ICE (Indonesia Creator Economy)

           Di tahun 2023 ini ada yang baru di iDN Media yaitu pengembangan ekonomi kreator. Ternyata dalam pengembangannya selain dalam bentuk marketing juga melalui ICE (Indonesia Creator Economy). Creator terbesar di Indonesia adalah ICE. Visi ICE sendiri untuk mendemokratisasi “creators economy” di Indonesia melalui teknologi.

Layanan-layanan yang ditawarkan ICE

a. Content creator marketing

b. Content creator trading

c. Content creator representation

d. Financial technology solutions

e. Brand & product development

         

      ICE akan meluncurkan platform website tahun 2023. Manfaat dari platform website ini dapat menawarkan kolaborasi tanpa batas antara brand dan kreator. Bila kita amati hubungan kreator dan perusahaan memang faktor penting untuk pertumbuhan ekonomi kreator apalagi dalam keputusan membeli produk atau jasa. Bila ada kolaborasi tanpa batas ini akan sangat menguntungkan kedua pihak.

 

5. Optimis Bisnis IDN Media Mengalami Pertumbuhan di Tahun 2023

         Bila membaca hasil survey resesi dari Bloomberg, Indonesia dianggap memiliki potensi resesi yang cukup rendah, yaitu 3 %. Namun, IDN Media tetap berinovasi dalam bisnisnya sebagai bentuk antisipasi. Kondisi ekonomi global juga belum stabil betul dan bila benar-benar terjadi resesi banyak perusahaan yang akan melakukan efisiensi biaya. Umumnya biaya marketing akan dikurangi dan ini bisa berdampak pada industri media yang bergantung dari iklan.

Ekonomi Indonesia sendiri diproyeksi akan terus bertumbuh dan berkembang di tahun 2023 ini. IDN Media pun optimis akan mengalami pertumbuhan juga. Apalagi dengan beragam inovasi dari unit bisnisnya, terutama empat kategori yang difokuskan di tahun 2023 ini untuk mengantarkan IDN Media mencapai visinya, yaitu mendemokratisasi informasi bagi masyarakat Indonesia.

4 komentar:

  1. Penasaran apa itu UGC, sama referal juga, bakalan dapat komisi kalo promo video di IDN live kah? Atau gimana?

    BalasHapus
  2. Website ICE udah ada tinggal daftarnya nih jadi content creator di sana. Cuma ngga nutut followernya

    BalasHapus
  3. Oh jadi ini toh rencana inovasinya IDN. Pantes kemarin banyak pembaharuan sampai ada live streaming bahas tentang ini.

    BalasHapus
  4. Jadi penasaran mau cobain program-program terbaru IDN

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.