Manfaat Spirulina bagi Kesehatan & Kulit

amorina.co


Windrayu.com, Bandung. Spirulina memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Mungkin kamu pernah mendengar Spirulina ini sering disebut sebagai superfood.  Penyebutan Spirulina sebagai superfood menegaskan bahwa Spirulina memiliki banyak manfaat bagi tubuh. 

Organisme ini berbentuk spiral dan dapat melakukan fotosintesis seperti tanaman. Namun, Spirulina bukanlah tanaman. Perlu diketahui Spirulina ini merupakan kelompok ganggang hijau biru (cyanobacteria). Spirulina dikenal juga dengan protein sel tunggal (PST) karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Oleh karena itu, Spirulina bisa dijadikan bahan makanan. 

Pemanfaatan Spirulina ini sebagai bahan makanan sudah ada dari berabad-abad yang lalu. Pernah diketahui bahwa suku Aztec di Amerika Tengah juga mengkonsumsi Spirulina. Pada zaman sekarang pun banyak orang yang masih mengkonsumsi Spirulina. Tidak perlu jauh-jauh, di Indonesia produsen Spirulina sudah ada. Sehingga menjadi mudah untuk mendapatkan Spirulina.

Bentuk Spirulina di pasaran pun semakin bervariasi. Ada yang berbentuk kapsul atau tablet. Ada juga yang berbentuk flakes dan powder. Spirulina ini tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kulit. Kandungan dalam Spirulina seperti vitamin (A, B, atau E), asam lemak, dan asam amino dapat menjaga keseimbangan kulit.

 

Manfaat Spirulina bagi Kesehatan Tubuh


Mencegah Penyakit Jantung

Kesehatan jantung sering kali mendapat perhatian. Bila ingin memiliki jantung yang sehat belum terlambat bila mulai hari ini rutin mengkonsumsi Spirulina. 

Spirulina mampu menurunkan kadar kolesterol total, LDL atau kolesterol jahat, dan trigliserida. Pada saat bersamaan, Spirulina bahkan bisa meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik [1].

 

Mengatasi Diabetes

Bagi penderita diabetes menjaga kadar gula darah dalam batas normal tidaklah mudah. Namun, dalam sebuah studi pasien diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi Spirulina dapat mengontrol kadar gula darah [2].

 

Menjaga Kesehatan Mental

Terapi nutrisi dengan melengkapi nutrisi tertentu seperti triptofan dapat menjaga kesehatan mental.  Spirulina memiliki kandungan triptofan di dalamnya. Triptofan merupakan asam amino yang dapat memicu produksi serotonin. 

Mengkonsumsi Spirulina dapat mengontrol dan mencegah penyakit mental seperti stres, depresi, gangguan mood, dan gangguan kecemasan. Pengidap gangguan mental tersebut memiliki kadar serotonin yang rendah. Dengan mengkonsumsi Spirulina yang mengandung triptofan, maka mood akan menjadi lebih baik [3].

 

Menurunkan Obesitas

Spirulina dapat membantu proses penurunan berat badan. Namun, jangan terburu-buru ingin berat badan turun hanya dengan mengkonsumsi Spirulina satu atau dua kali. Prosesnya tidaklah instan. 

Spirulina akan membantu penurunan berat badan karena bernutrisi tinggi dan rendah kalori. Manfaat Spirulina dalam menurunkan berat badan terbukti dari studi yang menemukan bahwa konsumsi Spirulina secara rutin dapat digunakan sebagai terapi untuk menurunkan obesitas [4, 5].

 

Mengatasi Anemia pada Wanita Hamil

Masalah yang sering dialami wanita pada saat kehamilan yaitu anemia. Studi menyebutkan wanita hamil berusia 20 minggu yang mengkonsumsi Spirulina mengalami peningkatan kadar Hb. Telah dibuktikan Spirulina dapat memperbaiki anemia pada wanita pada trimester kedua kehamilan [6].

 

Tinggi Antioksidan

Antioksidan berperan penting bagi kesehatan manusia. Antioksidan ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Spirulina mengandung phycocyanin yang merupakan sumber antioksidan bagi tubuh. Phycocyanin dapat melawan radikal bebas, memberikan efek antioksidan, anti radang, dan anti inflamasi [7]. Phycocyanin juga berpotensi sebagai anti kanker [8].

 

Menjaga Kesehatan Mata

Spirulina dapat menjaga kesehatan mata karena mengandung zeaxanthin. Zeaxanthin ini mirip dengan karoten pada wortel. Manfaat dari zeaxanthin dapat mengurangi risiko katarak dan kehilangan penglihatan akibat bertambahnya usia [9].

 

Manfaat Spirulina bagi Kulit

 

Mencegah Munculnya Tanda Penuaan

Tanda penuaan muncul seperti adanya kerutan dan garis halus pada wajah. Gejala tersebut bisa disebabkan karena terpapar radikal bebas yang bertanggung jawab atas munculnya stres oksidatif dan tanda-tanda penuaan kulit [11].

Spirulina yang kaya vitamin E, selenium, dan tirosin memiliki sifat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.  Spirulina dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit, sehingga mampu melindungi kulit dari serangan eksternal.

 

Dapat Meregenerasi Kulit

Spirulina memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein ini dapat membantu kulit memperbaharui sel-sel tubuh. Phycocyanin yang memberi warna hijau-biru, memiliki sifat anti inflamasi yang juga dapat membantu regenerasi kulit dan anti peradangan kulit. Oleh karena itu, Spirulina sangat baik dipakai oleh semua jenis kulit, khususnya kulit kering dan kulit yang bermasalah seperti jerawat [11].

Sifat detoksifikasi Spirulina sangat membantu kulit wajah menjadi lebih bercahaya. Racun yang terakumulasi dalam waktu lama pun dapat dengan mudah dihilangkan. Selain itu, kandungan klorofil dalam Spirulina dapat menjaga kelembaban kulit.

 

Menjaga Elastisitas Kulit

Kandungan dalam Spirulina selain dapat memperlambat penuaan kulit, dapat juga meningkatkan produksi kolagen. Pada studi [12], Spirulina dapat meningkatkan pertumbuhan sel dermal fibroblas yang bertanggungjawab untuk membentuk kolagen. Selain itu, kandungan asam amino, glisin, dan prolin juga dapat memicu produksi kolagen yang dapat menjaga elastisitas kulit secara alami [10].

Spirulina memiliki banyak manfaat bila menjadi bagian dari lifestyle. Tidak hanya sebagai rutinitas kecantikan, tetapi juga bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisinya sangat direkomendasikan untuk merawat tubuh dan semua jenis kulit. Temukan produk-produk perawatan kesehatan dan kulit Spirulina yang tersedia di online store Amorina. _[W.Y]

 

Referensi:

[1] https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23754631/

[2] https://link.springer.com/article/10.1007/s40200-021-00760-z

[3] https://www.researchgate.net/profile/Sileshi-Sasie/publication/326293829_Spirulina_as_a_main_source_of_tryptophan_for_mental_illness_Improving_level_of_serotonin_through_tryptophan_supplementation/links/5b446b9b458515f71cb8b338/Spirulina-as-a-main-source-of-tryptophan-for-mental-illness-Improving-level-of-serotonin-through-tryptophan-supplementation.pdf

[4] http://journalofmedula.com/index.php/medula/article/view/261/235

[5] https://openheart.bmj.com/content/openhrt/7/1/e001003.full.pdf

[6] http://www.internationaljournalofcaringsciences.org/docs/28_nurhayiati_original_13_3.pdf

[7 ]https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/ptr.2310

[8]https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5687155/

[9] https://www.cambridge.org/core/journals/british-journal-of-nutrition/article/spirulina-is-an-effective-dietary-source-of-zeaxanthin-to-humans/171B395A6AC440810355D0592E9293D0

[10] https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/jocd.14997

[11] https://www.e-ajbc.org/journal/view.php?number=831

[12]https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6317665/




5 komentar:

  1. Manfaat spirulina banyak juga.. yang penting rutin konsumsinya.. dan apa ads efek samping ngga ini ya.. sdmoga ga ada..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau spirulinanya dari alam liar yang hidup di air yang tercemar logam berat bukan budidaya yang betul-betul dipantau media airnya ada kemungkinan kontaminasi. Ini yang nggak baik dikonsumsi. Karena spirulina fungsinya ningkatin kekebalan tubuh, ada yang bilang juga tidak bagus bagi penderita autoimun seperti lupus karena sistem kekebalan tubuhnya yang menyerang tubuh.

      Hapus
  2. dulu yang sempat viral itu masker dari spirulina karena katanya bisa mengencangkan kulit. ternyata banyak banget ya manfaat spirulina ini buat tubuh kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Kak, banyak yang menggunakan untuk kulit seperti masker.Jadi, bisa merawat tubuh dari luar dan dalam karena bisa dikonsumsi juga.

      Hapus
  3. Banyak sekali manfaat spirulina ini bagi kesehatan tubuh maupun kesehatan kulit

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.